Zakat Dagangan, Setiap Tahun


Assalamualaikum Ustad, nama saya AbdurRahman, saya seorang wirausaha, dimana uang dari hasil usaha tersebut saya simpan hingga mencapai satu nishab, pada tahun lalu saya sudah mengeluarkan zakatnya, dan hingga tahun ini uang tersebut tidak bertambah juga tidak berkurang. Yang saya ingin tanyakan adalah apakah saya wajib mengeluarkan zakat lagi atas uang tersebut ?
1.J. Wa’alaikum Salam Wa rahmatullahi wa barokatuh. Bapak Abdur Rahman yang terhormat, kewajiban mengeluarkan zakat itu adalah setiap tahun selama harta atau uang tersebut  dikeluarkan zakatnya. Hal ini di jelaskan dalam kita Bajuri – Fathul qarib juz I dalam bab zakat.

(قوله ربع العشر) أي لكل عام ما كان النصاب فيه كاملا بخلاف الحبوب تجيب فيها زكاتها سنة فقط ولو بقيت سنين. والفرق أن الذهب والفضة معدان للنماء فما دام باقيين تجب زكاتهما بخلاف الحبوب فإنها معرضة للفساد.

“ Ya’ni (zakat) dikeluarkan) setiap tahun selama masih satu nishab sempurna, Berbeda dengan biji-bijian,maka zakatnya hanya satu tahun sekali saja, walaupun biji-bijian tersebut tetap ada selama beberapa tahun. Adapun perbedaannya adalah, bahwa emas dan perak keduanya merupakan benda tambang yang berpotensi untuk tetap mempunyai nilai tambah sehingga keduanya wajib dizekati selama barangnya masih ada. Berbeda dengan biji-bijian, karena bisa rusak.”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zakat Dagangan, Setiap Tahun"

Posting Komentar

Tulisan adalah cermin kepribadian, silahkan sobat komentar