SHOLAT ORANG-ORANG SHALEH



    Hatim Al-Asham adalah seorang ahli ibadah dan sangat bertaqwa. Pada suatu hari, ia kedatangan tamu bernama isham bin yusuf. Dalam perbincangannya tamu tersebut bertanya,
“Bagaimana Anda melakukan shalat?” Hatim pun menjawab, “Apabila waktu shalat tiba, saya segera melakukan wudlu’ dzahir dan bathin”.  “Apa perbedaan antara dua wudlu’ tersebut?” Tanya Isham bingung.
Sambil memperhatikan wajah tamunya, Hatim berkata, “ Wudlu’ dzahir adalah mencuci badan dengan air, sebagaimana tuntunan yang sudah ada. Sedangkan wudlu’ bathin adalah mencuci jiwa dengan tujuh sifat. Yaitu taubat, menyesali seluruh dosa yang tela kita lakukan,  Melepaskan diri dari ketergantungan pada dunia, menanggalkan pujian dan penghormatan kepada selain Allah Azza waJalla, melepaskan diri dari kendali benda, membuang perasaan dendam kusumat pada siapapun, dan menyingkirkan kedengkian. Setelah itu aku menuju masjid dan bersiap melaksanakan shalat sambil memusatkan pandangan ke kiblat. Aku posisikan diriku sebagai pengemis yang papa dihadapan Allah, aku hadirkan seakan-akan Allah Azza waJalla di hadapanku, surga disebelah kananku, neraka di sebelah kiriku, Izra’il, si pencabut nyawa di belakangku, dan jembatan shirat di bawa telapak kakiku. Itulah shalatku yang terahir. Setelah itu aku berniat dan bertakbir lalu membaca surat Al-Fatihah dengan seksama seraya merenungkan arti setiap kata dan ayat yang aku baca. Kemudian aku ruku’ dan sujud dengan penuh kekhusyukan dan kerendahan hati sambil menumpahkan air mata. Tasyahhud kulakukan dengan penuh pengharapan, lalu kuucapkan salam dengan penuh keihklasan. Demikianlah shalat yang aku lakukan selama tiga pulu tahun hingga sekarang.”
Ishampun tercengang mendengar jawaban Hatim. Dan Isham berkomentar “ Hanya Engkau yang aku ketahui melakukan shalat seperti itu,”
Tiba-tiba Isham menangis dan denga suara yang serak dia berdo’a, “Ya Allah, berikanlah aku kemampuan melakukan ibadah seperti Hatim.”
Demikian Isham terus menerus berdo’a agar diberi kemampuan beribadah seperti Hatim.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SHOLAT ORANG-ORANG SHALEH"

Posting Komentar

Tulisan adalah cermin kepribadian, silahkan sobat komentar