SEWA KEBUN DAN TAMBAK




S. Ustad saya punya beberapa tambak dan kebun sebagian tambak dan kebun, saya sewakan kepada orang lain untuk diambil ikan dan buahnya selama dua tahun, sahkah akad tersebut, dan bagaimana dengan uang sewanya, halal atau haram ? mohon penjelasannya, Terimakasih.
J.  Penanya yang terhormat, perlu diketahui bahwa akad sewa adalah menyewa sesuatu untuk mengambil manfa’at barang yang di sewanya bukan mengambil sesuatu (barang) untuk dimilikinya. Oleh karena itu apabila kebun tersebut disewa untuk dimiliki buahnya, atau tambak itu disewa untuk dimiliki ikannya,baik dengan cara dipancing atau di jarring maka akad tersebut tidak sah. Dan uang sewanyapun haram. Sebagaimana dijelaskan pada kitab I’anatu tholibin, Al Anwar, dan Syarah Muhadzdab dam bab ijarah;

وخرج بغير متضمن لإستيفاء عين ما تضمن إستيفائها أي إستئجار منفعة تضمن إستيفاء عين كإستئجار الشاة للبنها وبركة لسمكها وشمعة لوقودها وبستان لثمرتها فكل ذلك لايصح. وهذا مما تعم البلوى ويقع كثيرا. وعبارة الأنوار. لو استاءجر بركة لأخذ السمك فلا تصح لأن الأعيان لاتملك بالإجارة.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEWA KEBUN DAN TAMBAK"

Posting Komentar

Tulisan adalah cermin kepribadian, silahkan sobat komentar