Orang Pertama yang dihukum di akhirat



Rasulullah sollallahu alaihi wa sallam bersabda: "Pada hari kiamat Allah akan menghukum semua makhluk dan semua makhluk bertekuk lutut di hadapan hukum Allah. Pada hari itu orang yang pertama sekali akan dipanggil ialah orang yang mengerti Al-Quran, kedua orang yang mati di jalan Allah dan ketiga ialah orang kaya.
Allah akan bertanya kepada orang yang mengerti Al-Quran: "Bukankah Aku telah mengajar kepadamu apa yang Aku turunkan kepada utusan-Ku?.” Orang itu menjawab: "Benar wahai Tuhanku. Aku telah mempelajarinya di waktu malam dan mengerjakannya di waktu siang." Allah berfirman: "Dusta! Kamu hanya ingin disebut sebagai Qari dan Qariah, malaikat juga berkata demikian." 

Datanglah orang kedua, lalu Allah bertanya: "Kenapa kamu terbunuh?." Jawab orang itu: "Aku telah berperang untuk menegakkan agama-Mu ya Allah." Allah berfirman: "Dusta! Kamu hanya ingin disebut pahlawan yang gagah berani dan kamu telah mendapat gelaran tersebut, malaikat juga berkata demikian." 
            Kemudian datanglah orang yang ketiga: Dan Allah bertanya kepadanya. "Apa yang kamu perbuat terhadap harta yang Aku berikan kepadamu?." Orang itupun menjawab: "Aku gunakan untuk membantu kaum keluargaku dan juga untuk bersedekah." Lalu Allah berfirman: "Dusta! Kamu hanya ingin disebut dermawan dan kamu sudah dikenal sebagai orang yang dermawan, malaikat juga berkata demikian." Sabda Rasulullah s.a.w. lagi: "Ketiga orang inilah yang pertama kali akan dibakar nanti didalam api neraka."

I’tibar:
1.      Baiknya perbuatan yang tampak oleh manusia belum tentu benar-benar baik.
2.      Amal ibadah dan amal shaleh yang dilakukan oleh hamba yang beriman akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala  manakala didasari oleh niat yang murni karen Allah subhanahu wa ta’ala.
3.      Setiap amal perbuatan akan mendapatkan balasan yang sesuai dengan niatnya.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Orang Pertama yang dihukum di akhirat"

Posting Komentar

Tulisan adalah cermin kepribadian, silahkan sobat komentar