Mengeluarkan Zakat Fitrah Setelah Shalat Ied



Masih juga terjadi di desa kami, seseorang mengeluarkan zakat fitrah setelah selesai melaksanakan shalat ied. Bagaimanakah hukumnya mengeluarkan zakat fitrah setelah shalat ied tersebut?.

Jawab: Adapun hukum mengeluarkan zakat fitrah setelah shalat ied itu adalah makruh, kecuali ada udzur, seperti menunggu kedatangan kerabat yang berhak menerima zakat atau seseorang yang sangat membutuhkan.
Keterangan ini diambil dari kitab “tuhfatul muhtaj syarah minhaj  juz 12 halaman 390 maktabah syamilah”: Disunnahkan mengeluarkan zakat fitrah pada hari raya iedul fitri bukan sebelumnya, dan sunnah mengeluarkan zakat sebelum shalat ied. Sedangkan mengeluarkan zakat sebelum dia pergi ke Masjid untuk menjalankan shalat ied itu hukumnya lebih utama, karena ada perintah dari hadist shahih. Dan sunnah tidak mengahirkan mengeluarkn zakatnya setelah shalat ied, bahkan hukumnya dimakruhkan      karena terdapat khilaf  yang kuat dalam menghukumi keharaman mengahirkan zakat setelah shalat ied.
          Dan andaikata terjadi berlawanan antara mengeluarkan zakat dan melaksanakan shalat ied dengan berjamaah, apa yang harus diperioritaskan, membayar Zakat, atau shalat iednya?.
Jawab: dalam kasus ini masih perlu difikirkan. Dan tidaklah jauh dari kebenaran jika yang diperioritaskan adalah menjalankan shalat iednya, selama orang fakir tidak sangat membutuhkannya (zakat).Dan bila orang fakir sangat membutuhkannya, maka yang diperioritaskan adalah mengeluarkan zakatnya. Keterangan ini diambil dari kitab I’anatut al tholibin juz 2 halaman 174(darul fikr).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengeluarkan Zakat Fitrah Setelah Shalat Ied"

Posting Komentar

Tulisan adalah cermin kepribadian, silahkan sobat komentar